Tips Lambung Sehat



Penyebab rasa nyeri pada lambung sebenarnya adalah GERD (Gastroesophagal Reflux Disease). Yaitu meningkatnya jumlah asam lambung sehingga menyebabkan ketidak nyamanan organ diatas lambung. Gejala yang paling umum adalah heartburn (sensasi panas dan myeri pada perut bagian atas, dada, dan tenggorokan).

Gejala tukak lambung yang secara kelompok disebut dengan dyspepsia adalah rasa sakit atau tak nyaman pada lambung, rasa kembung, perut terasa penuh atau malah kosong, mual ringan dan kebiasaan bersendawa. Rasa sakit pada lambung bisa jadi pada tukak yang disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori.

Orang-orang yang sering menderita heartburn sebagai gejala GERD disarankan untuk mencoba mengubah gaya hidup sebelum mencari pengobatan medis. Beberapa saran diciba adalah:

Menguraingi atau menghindari konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein, coklat, juga mint. Bahkan kopi yang tidak mengandung kafein (decaf) pun dapat meningkatkan produksi asam lambung.

Menghindari minuman soda.

Menerapkan diet yang akan buah dan sayur, tetapi hindari buah dan sayur yang sifatnya asam seperti jeruk, lemon, jeruk bali dan nanas.

Menjaga kondisi pencernaan yang sehat dengan menghindari lemak jenuh dan asupan lemak berlebihan, terutama jika memiliki kelebihan berat badan. Sebab obesitas juga meningkatkan risiko GERD.

Setelah makan berjalan-jalanlah sebentar. Atau paling tidak tetap duduk atau berdiri tegak. Jangan berbaring atau melakukan gerakan membungkuk.

Hindari makan sebelum tidur. Pastikan waktu terakhir anda mengonsumsi makana adalah dua jam sebelum tidur.

Sebaiknya posisikan tubuh miring ke kiri ketika tidur. Posisi lambung menjadi lebih tinggi dari kerongkongan, jika miring ke kanan. [info-sehat.com][]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pelajaran Dari Amoeba

Kerumitan Ekor Cambuk Bakteri

Perlakuan Kasar Memicu Kanker