Softdrink Pemicu Kanker



Berbagai penyakit dan ganguan tubuh kerap muncul akibat pola makan yang kurang baik. Salah satunya adalah kebiasaan meminum sofdrink. Ya, minuman berkarbonasi itu memang sangat digemari masyarakat karena sensasi segar saat lewat di tenggorokan.  Namun siapa sangka, minuman segar tersebut dapat memicu timbulnya kangker.

Sebuah penelitian di bidang kesehatan mengungkap fakta menarik, orang yang minum dua atau lebih softdrink tiap minggu mempunyai resiko terkena kanker pankreas. Pemicunya asalah kandungan gula dalam softdrink yang terlalu tinggi. Minuman dengan kadar gula tinggi menaikan insulin pada pankreas. Kenaikan itu disinyalir memicu terjadinya kanker.

Wakil ketua Tim Penelitian asal Universitas Minnesota, Dr Mark Pereira malah menegaskan mengkonsumsi minuman berkarbonasi dalam batas wajar tetap saja akan menerima efek negatifnya.

“Tingginya kadar gula dalam minuman berkarbonasi memungkinkan terjadinya peningkatan produksi insulin dalam tubuh, peningkatan ini, menurut kami berkontribusi pada tumbuhnya sel kankker pada pankreas,” tegasnya kepasa telegraph.co.uk awal februari silam.

Kanker pankreas adalah salah satu bentuk kanker yang pa;ing mematikan, dengan 230.000 kasus secara global. Di Amerika serikat, 37.680 orang didiagnosa menderita kanketr pankreas dalam satu tahun, sejumlah 34.290 penderita meninggal karenanya. American Cancer Society mengatakan lima tahun survival rate untuk pesien kanker pankreas adalah sekitar 5 persen.

Dalam Jurnal Cancer Epidemiology, Biomakers & prevention, Pereira dan kolega mengatakan, penelitian ini melibatkan 60.524 pri dan wanita padasingapore Chinese Health Study selama 14 tahun.
Selama waktu itu, 140 dari para relawan menderita kanker pankreas. Mereka yang minum dua atau lebih softdrink per minggu memiliki 87 persen risiko lebih tinggi.

Alasan dipilihnya Singapure karena Negara kecil di Asia Tenggara memiliki kesehatan terbaik. Persoalan pola makan dan persis sama dengan yang terjadi di dunia barat.

Namun, Susan Mayne dari Yale Cancer Center pada Yale University, Connecticut berpendapat lain. Menurunya, meskipun studi ini menemukan risiko, temuan itu didasarkan pada jumlah kasus yang relative kecil dan masih belum jelah apakah itu merupalam sebuah sebab akibat atau tidak. Konsumsi softdrink di Singapura juga dikaitkan dengan beberapa perilaku yang merugikan kesehatan seperti merokok dan asupan daging merah, yang tidak dapat dikontrol secara akurat. Penelitian lain juga mengungkapkan hubungan antara kanker pankreas dengan konsumsi daging merah, terutama daging yang dibakar atau hangus.       

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pelajaran Dari Amoeba

Kerumitan Ekor Cambuk Bakteri

Perlakuan Kasar Memicu Kanker