Plus Minus Kopi



Kopi mungkin menjadi minuman yang paling dikenal masyarakat dunia. Minuman hitam ini telah dikenal manusia sejak ratusan tahun yang lalu. Tak heran jika 80 persen orang didunia minum kopi sedikitnya satu cangkir sehari.

Minuman kopi memang minimbulkan efek segar bagi tubuh kita. Tak lain karena di dalam kopi terdapat zat aditif yang bernama kafein. Satu cangkir kopi rata-rata mengandung 100-150 miligram kafein.

Dalam “The Pharmacological Basic of Therapeutis” oleh Dr. J. Murdoch Ritchie disebutkan bahwa efek positif kafein antara lain: menambah kecepatan pikiran dan inspirasi, mengurangi rasa kantuk dan kelelahan, meningkatkan sensor stimuli dan reaksi motorik; seorang yang mengetik akan dapat berkerja lebih cepat dan dengan tingkat kesalahan lebih kecil.

Secara kedokteran, menurut Dr. Ritchie, kafein yang terkandung dalam 1 sampai 2 cangkir kopi dapat menambah detak jantung, melebarkan pembuluh darah, mendorong aliran sampah-sampah cair maupun padat dari dalam tubuh, sehingga badan kita terasa lebih “segar”. Efek inilah yang menyebabkan orang sulit terlepas dari kebiasaan minum kopi.

Sayangnya, kebiasaan minum kopi seringkali memunculkan efek kecanduan, baik secara psikologis maupun fisiologis. Cirri umum kecanduan kopi antara lain rasa letih atau lelah, tak bersemangat dan mengantuk kalau sehari tidak minum kopi.

Konsumsi kopi yang wajar adalah 85-200 mg, atau 1-3 cangkir kopi. Namun, minuman kopi diatas 250 mg sekaligus dapat menyebabkan ganguan kesehatan, seperti jantung berdebar, gelisa, insomnia (sulit tidur). Gugup, tremor (tangan bergetar), bahkan mual sampai muntah-muntah.

Minum kopi juga berbahaya bagi penderita hipertensi (darah tinggi) karena senyawa kafein bisa menyebabkan tekanan darah meningkat tajam. Selain itu, kopi juga meningkatkan aliran darah ke ginjal yang berakibat meningkatnya produksi urin. Jadi, jangan heran kalau tak lama sehabis mengkonsumsi kopi kandung kencing cepat penuh.

Kafein dalam jumlah yang lebih besr, misalnya jika kita minum 10 cangkir kopi berturut-turut, juga bersifat racun bagi tubuh. Efek yang ditimbulkan antara lain: muntah, demam dan kebingungan secara mental. Kafein dalam jumlah yang dangat besar bahkan dapat menjadi zat yang mematikan. Tapi jangan takut, karena kafein bisa mematikan manusia, jika dikonsumsi sebesar 10 gram. Jumlah ini setara dengan 100 cangkir kopi yang diminum berturut-turut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pelajaran Dari Amoeba

Kerumitan Ekor Cambuk Bakteri

Perlakuan Kasar Memicu Kanker