Kerumitan Ekor Cambuk Bakteri




Bakteri adalah organisme satu sel. Ukurannya sangat kecil. ia hanya bisa dilihat dengan bantuan mikroskop. Dan jika ingin melihat detailnya, dibutuhkan mikroskop berkekuatan tinggi untuk mengamatinya.

Meskipun berukuran mikro, bakteri menyimpan keajaiban tersendiri. Salahsatunya adalah adanya ekor cambuk. Ekor cambuk. Ekor cambuk (flagella). Beberapa bakteri menggunakan ekor cambuk untuk bergerak dilingkungan berair. Alat ini tertanam pada membran sel dan memungkinkan bakteri bergerak kearah yang ditentukanya dengan kecepatan tertentu.

Para ilmuan telah cukup lama mengetahui ekor cambuk ini. Namun penilitian lebih rinci tentang ekor cambuk ini cukup mengejutkan mereka. Yaitu, bahwa ekor cambuk bergerak dengan menggunakan “motor hidup” yang sangat runit dabn bukan gerak getaran yang sederhana sebagaimana diyakini sebelumnya.

Mesin yang menyerupai baling-baling ini bekerja berdasarkan prinsip yang sama dengan motor listrik. Ekor cambuk memiliki dua bagian utama: satu bagian bergerak (rotor) dan satu bagian diam (stator).
Namun, ekor cambuk berbeda dengan sistem kehidupan lainnya yang menghasilkan gerakan mekanik. Bakteri tidak memanfaatkan energi yang tersimpan dalam mulekol ATP. Sebaliknya, ia memiliki sumber tenaga khusus, yakni energi dari aliran ion yang menembus membrane sel telurnya.

Bentuk bagian motor ini sangat rumit. Sekitar 240 protein yang berbeda berkerja membangun ekor cambuk. Setiap protein di tempatkan dengan kecermatan tinggi. Para ilmuan telah menetapkan bahwa protein-protein tersebut membawa sinyal yang menghidupkan atau mematikan motor, membentuk suatu persendian yang mendukung pergerakan yang bentuknya sangat kecil, dan mendorong protein lainnya yang menghubungkan ekor cambuk dengan membran sel. Model-model yang dibuat untuk menyimpulkan kerja sistem ini.

Ekor cambuk bakteri menjadi bukti nyata bahwa pada makhluk yang dianggap “terbelakang” makhluk yang hanya berupa sel tunggal, terdapat rancangan yang luar biasa dan amat rumit.

“Dan katakanlah, ‘Segala puji bagi Allah, Dia akan memperlihatkan kepadamu tanda-tanda kebesaran-Nya, maka kamu akan mengetahuinya. Dan Tuhanmu tiada lalai dari apa yangkamu kerjakan’.” (QS. An-Naml:93)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pelajaran Dari Amoeba

Kode cahaya Kunang-kunang