Fungsi Lain Kelenjar Keringat



Ketika udara terasa panas dan gerah, atau saat berolahraga, tubuh kita akan berkeringat. Terkadang keringat yang keluar sangat banyak, hingga membasahi baju yang kita pakai. Rasa tak nyaman pun muncul. Apalagi jika disertai bau badan yang menyengat.

Tapi, jangan sekali-kali menyalahkan keringat, atau bahkan mengutukinya. Karena berkiringat adalah sebuah nikmat yang luar biasa. Ya, Allah mencipatakan kelenjar keringat dikulit kita, tentun ada manfaat di dalamnya.

Kulit manusia memiliki jutaan kelenjar keringat. Gunanya membantu mendinginkan tubuh setelah berolahraga atau di hari yang bercuaca panas. Tapi tak hanya itu, kelenjar keringat ternyata berperan penting dalam penyembuhan luka pada kulit.

Para penelitian dari Universitas of Michigan Health System menyatakan bahwa kelenjar keringat berperan penting terhadap penyembuhan luka pada kulit, seperti goresan, luka bakar dan borok. Kelenjar keringat juga memerankan peranan kunci dalam regenerasi sel untuk memulihkan kulit.

Sebelum, pemahaman tentang penutup luka hanya berkisar pada sel-sel kulit baru berasal dari rambut folikel dan dari kulit utuh ditepi luka. Kelenjar keringat menyimpan reservoir penting dari sel induk dewasa yang bias direkrut secara cepat untuk membantu penyembuhan luka.

Manusia mungkin baru memahami sedikit dari manfaat kelenjar keringat. Bias jadi, masih banyak manfaat yang belum diketahui manusia. Yang jelas Allah menciptakan manusia dalam bentuk sempurna, dan tak ada ciptaan Allah yang sia-sia.

“Maka apakah kamu mengira, bahwa sesungguhnya kami menciptakan kamu secara main-main (saja), dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada kami?”
(QS. Al-Mukminum:115)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pelajaran Dari Amoeba

Kerumitan Ekor Cambuk Bakteri

Perlakuan Kasar Memicu Kanker